ITS Surabaya Buat Mobi Listrik

ITS Surabaya Buat Mobil Listrik
Mobil Listrik Bernama Lowo ireng
(kelelawar hitam)  Reborn dan Limosin dua mobil listrik terbaru karya Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali memberi gebrakan baru di bidang kendaraan listrik nasional.

Kehadiran mobil listrik yang baru diluncurkan ITS tersebut nantinya juga dipersiapkan untuk mengikuti jambore yang rencananya digelar mulai 28Agustus  mendatang selama lima hari perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta.

“Awalnya mobil Lowo Ireng menggunakan tenaga penggerak engine dari Mitsubishi type 6A13 Twin Turbo dengan power 205 HP, sedangkan ECU (Engine Control Unit) menggunakan produk hasil riset alumni mahasiswa ITS sendiri yang diberi nama Iquteche Technology,”

Sedangkan, untuk mengubah menjadi mobil berbahan bakar listrik ini, PUI-SKO ITS bekerja sama dengan Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Elektro ITS.

“Teknologi utama lainnya yang digunakan pada Lowo Ireng Reborn seperti Controller/Inverter, Battery Management System, dan Interface Vehicle Unit yang semuanya dibuat oleh tim peneliti dan mahasiswa ITS. Jadi sebagian besar komponen mobil ini merupakan buatan ITS sendiri,” Luar Biasa

Lowo Ireng Reborn sendiri mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 160km/jam  Sebab torsi pada motor listrik yang digunakan sebesar 200 Newtonmeter (Nm) dengan transmisi Triptonic. Sementara itu, proses pengisian daya dari nol hingga penuh hanya memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam dengan daya 7,7kilowatt (kw).
Ditempat yang sama, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semuanya. Pasalnya, produk ini bukan hasil kerja satu atau dua hari saja, namun perlu waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakannya.





Source: wartasas 

Share:

0 Comments